Emping

merupakan salah satu jajanan atau makanan khas dan asli Indonesia. Emping adalah salah satu buah karya dari ketrampilan masyarakat Indonesia yang kreatif dalam mengolah hasil alam menjadi makanan yang nikmat untuk disantap. Dan kini, emping pun menjadi snack atau makanan yang banyak digemari di Indonesia dan mancanegara.
mping
Emping ini terbuat dari buah, umbi yang diolah dan juga kacang-kacangan. Namun tidak semua jenis buah, umbi dan juga biji-bijian yang hidup di Indonesia mampu diolah menjadi emping, hanya beberapa tanaman khusus saja yang bisa diolah dan dijadikan snack emping. Contoh biji-bijian dan buah yang biasa dijadikan emping adalah buah melinjo(gnetum gnemom), jengkol dan jagung. Sedangkan jenis umbi yang juga bisa dibuat emping contohnya adalah singkong. Dalam proses pembuatannya pun berbeda-beda. Untuk biji-bijian dan buah yang akan dijadikan emping, biasanya akan disangan terlebih dahulu baru kemudian dipipihkan sesuai selera. Sedangkan untuk jenis umbi seperti singkong, biasanya akan dihaluskan terlebih dahulu, kemudian dibentuk bulat-bulat kecil dan baru setelah itu dipipihkan menjadi emping singkong.

Dilihat dari bahannya yang berbeda itulah, emping pun memiliki banyak macamnya. Di antaranya adalah emping melinjo, emping singkong, emping jagung, emping jengkol dan bahakan ada emping campuran; yaitu campuran antara dan emping singkong. dan dari semua jenis emping yang ada, merupakan jenis emping yang paling digemai masyarakat. Karena selain rasanya yang enak, juga cocok dipadukan dengan berbagai jenis makanan.

Emping melinjo ini terbuat dari melinjo (Gnetum Gnemon), salah satu jenis tanaman yang tumbuh subur di Pulau Jawa. Salah satu sentra pembuatan emping melinjo pun berasal di Pulau Jawa, yaitu Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang. Hampir semua warga di Kecamatan Limpung ini berprofesi sebagai pembuat emping. Produsen emping di kecamatan Limpung ini terbagi dua, ada yang sengaja bekerja sebagai pembuat emping melinjo secara perorangan di rumah, dan ada juga yang membuat home industry emping melinjo. Dan salah satu home industry emping yang ada di Kecamatan Limpung adalah CV.PPS (Putra Putri Sejati). Home industry ini telah memiliki banyak pengalaman dalam masalah perdagangan dan produksi emping. Karena kurang lebih selama 15 tahun lamanya CV.PPS bergelut di bidang emping ini. Dari yang awalnya hanya menjual biji atau buah melinjonya saja, hingga sekarang sukses menjadi distributor emping ke beberapa wilayah di Nusantara.

Emping memang menjadi peluang usaha makanan yang cukup menjanjikan bagi masyarakat Limpung. Dan hal utama yang diperlukan dalam bisnis makanan seperti emping ini adalah kualitas rasa dan produk. Selama kualitas dan rasa tetap terjaga, maka masyarakat pun akan senang dan terus mengkonsumsinya. Komitmen untuk berusaha memberikan produk emping yang berkualitas akan selalu dipegang oleh CV.PPS.
Ditulis oleh Nurul Khasanah RA dengan judul Emping.